Selasa, 26 Juli 2011

Berlibur ke Magetan Aja Yuk!




13086554161532227701
Selamat Datang di Magetan
Liburan sekolah telah tiba. Bersama keluarga terkasih, kemanakah anda akan menghabiskannya? Saya rasa anda bisa mencoba berlibur ke Magetan. Kota kecil di lereng sebelah timur gunung Lawu dengan pesona keindahan yang masih alami. Magetan mudah sekali dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
Banyak tempat wisata yang terdapat di kota ini, baik wisata alam maupun wisata belanja.
Untuk wisata alam, anda bisa mengunjungi telaga sarangan yang terletak di ketinggian dan tentu saja berhawa sejuk. Dari arah Maospati-kota kecamatan yang dilalui jalur bus antar kota antar provinsi-anda bisa langsung menuju ke arah barat kira-kira 27 km. Sebelum mencapai telaga sarangan anda bisa mampir ke telaga wahyu atau yang lebih dikenal dengan telaga wurung.
Di telaga wurung biasa keluarga menghabiskan waktu untuk memancing. Sedangkan di telaga sarangan, anda bisa memanfaatkan beraneka ragam fasilitas dengan harga yang murah. Dari arah Ngerong anda bisa melewati 2 jalur pilihan ke arah sarangan, yaitu lewat jalur selatan yang lebih dekat dengan tanjakan yang menantang atau melalui jalur utara yang agak jauh dengan tanjakan yang tidak begitu curam.
Di sarangan, jika berniat menginap anda bisa menggunakan akomodasi di sana. Hotel-hotel bertebaran di sekeliling telaga dengan tarif yang beragam. Ada juga beberapa vila yang sengaja disewakan oleh pemiliknya.
Di telaga sarangan anda bisa menyewa kuda untuk berkeliling di seputaran telaga ataupun menyewa perahu motor untuk menikmati hempasan air telaga di tengah derunya suara mesin perahu. Selain itu jika anda berminat, anda bisa juga mengunjungi air terjun Ngadiloyo yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari area telaga sarangan. Selain air terjun Ngadiloyo, anda juga bisa mengunjungi air terjun di Desa Ngancar. Sekali jalan, tiga air terjun bisa anda nikmati di desa ini. Ada air terjun berundak juga.  Jalurnya menantang dan pemandangannya indah dipandang mata.
1308655739329833485
Telaga Sarangan yang menyejukkan mata
Jika anda ingin berkemah, ada juga bumi perkemahan Mojosemi. Bisa juga di area dekat tower di dekat telaga. Pemandangan indahnya bisa anda nikmati dari ketinggian. Hamparan kebun sayur mayur yang menyejukkan mata. Anda bisa juga membeli sayur mayur segar di sana. Murah meriah. Buah strawbery bisa juga anda dapatkan langsung dari kebun milik petani. Anda bisa langsung memetiknya.
1308656167631901377
Hotel dan Penginapan di sekitar telaga Sarangan
Jika anda merasakan lapar, jangan khawatir, sate kelinci dan sate ayam yang menjadi hidangan khas dijual murah oleh pedagang-pedagang di sekeliling telaga. Untuk satu porsi sate kelinci ataupun sate ayam yang terdiri dari 10 tusuk anda cukup mengeluarkan uang Rp. 6.000,- ditambah sepiring lontong dengan harga Rp. 2.000,-
Selain kuliner, tentu saja banyak cindera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh dari telaga sarangan. Mulai t-shirt bertuliskan telaga sarangan, tentu saja kerajinan tangan dari bambu ataupun kayu hasil dari desa-desa di magetan. Anda bisa mendapatkan keranjang buah mulai dari harga lima ribu rupiah. Murah bukan?
Anda bisa juga mendapatkan batik tulis sidomukti motif pring sedapur yang digunakan sebagai baju kerja bagi pegawai di kabupaten Magetan di hari Jum’at. Tersedia berbagai warna. Sidomukti adalah desa di di kecamatan Plaosan yang merupakan satu kecamatan dengan desa Sarangan. Batik ini bisa anda dapatkan langsung di desa Sidomukti ataupun di toko-toko kain dan oleh-oleh khas Magetan.
Anda juga bisa mencari oleh-oleh kerajinan kulit dari magetan yang ada di jalan sawo maupun di daerah kauman. Jalan ini sangat terkenal dan mudah dijangkau karena terletak di jalur utama. Jika kauman letaknya di area dekat alun-alun magetan.
13086563841825548330
Sentra Kerajinan Kulit Magetan
1308656599499262920
Sepatu made in Magetan
13086566991338352519
sepatu kulit untuk laki-laki ini bisa didapatkan dengan harga antara 60-130ribu rupiah per pasangnya
Kerajinan kulit mulai dari dompet, ikat pinggang, sandal, sepatu, jacket, topi semuanya sangat terjangkau harganya. Dompet kulit bisa didapatkan mulai harga 25 ribu rupiah. Sepatu kulit untuk wanita mulai dari harga 40 ribu rupiah. Sedangkan sepatu pria mulai dari harga enam puluh ribu rupiah.
Masih ada lagi oleh-oleh khas dari magetan selain kerajinan bambu, kerajinan kulit yaitu buah jeruk pamelo. Bulan juni adalah bulan panen besar buah ini. Anda bisa langsung ke desa Tamanan, Bibis, Sukomoro yang menjadi sentra buah ini. Selain buah segar anda bisa mencoba manisan kulit buah jeruk pamelo yang unik. Mulai dari harga tiga ribu lima ratus rupiah per bungkus, anda bisa mendapatkannya.
Apakah itu masih kurang? Masih ada emping melinjo khas dari Desa Purwosari yang merupakan sentra emping melinjo. Di desa ini banyak sekali yang membuat emping. Jadi datang saja ke desa ini yang dilewati oleh jalur utama. Jika anda keluar dari kota magetan ke arah madiun, sekitar satu kilometer dari gedung DPRD ada pasar emping di kiri jalan. Jika anda ingin langsung ke rumahnya bisa langsung blusukan ke rumah-rumah di desa ini. Murah meriah, emping tipis super bisa didapatkan dari harga 20-30ribu rupiah per kilogram. Sekaligus anda bisa melihat ibu-ibu yang thithik membuat emping ini. Atau datang saja ke rumah Mbak Nings Tami. Anda bisa mendapatkannya di rumah beliau.
1308656910846931596
Pusat Emping Melinjo, di rumah Mbak Nings :)
13086572901043964527
Emping siap jual, siapa mo beli? lokasi: rumah mbak Ningstami ;)
13086574791286028543
Ibu-ibu pembuat emping melinjo di rumah Mbak Nings
Jadi, tidak salah dong kalau menghabiskan liburan ke Magetan saja. Jika anda belum pernah, anda patut mencobanya… Selamat menghabiskan liburan di Magetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar